Manajemen Multi-User


Umumnya suatu blog hanya ditangani oleh satu orang atau user, khususnya dalam sebuah blog yang hanya menampilkan profile dan kegiatan seseorang. Tapi, jika blog sudah menyangkut dengan skala yang besar atau luas, tidak mungkin jika blog tersebut hanya dikelola oleh satu orang saja. Oleh karena itu, wordpress menyediakan fasilitas multi-user sehingga blog bisa dikelola oleh lebih dari satu user. Fungsi dari panel user sendiri yaitu untuk menagtur user.

Menggunakan multi-user dalam sebuah blog memiliki kelebihan dan memberikan kemudahan bagi seorang admin dalam mengelola blog. Admin bisa membagi user ini dalam kelompok, misalnya ada yang sebagai pembuat artikel, moderator, pengatur layout, dsb. Multi-user juga bisa memberikan kerugian bagi seorang admin, jika admin tidak mengelola atau memanajemen user-user ini dengan benar. Multi-user berguna sekali bagi sekelompok orang yang memiliki ide, tujuan atau pikiran yang sama. Jika sekelompok orang ini ingin menyampaikna ide, tujuan atau berita dalam tema tertentu, maka dalam sebuah blog harus ada fasilitas agar masing-masing individu dalam kelompok ini bisa login pada blog dan bisa memposting artikel berdasarkan ide mereka. Jadi, isi artikel tidak hanya hasil pemikiran satu orang saja, melainkan juga berasal dari orang lain. Dalam sebuah blog yang multi-user harus ada minimal satu orang moderator yang bertugas untuk menyeleksi artikel yang masuk ke blog dan menampilkannya di blog setelah diseleksi atau disetujui.

Untuk membuat user baru bisa dengan cara otomatis dan manual. Cara otomatis adalah dengan cara user ini bisa bebas mendaftar pada blog Kmu. Sedangkan cara manual adalah admin harus menambahkan sendiri user-user ini secara manual. Untuk menambah user, klik menu users pada menu admin dan pastikan Kmu berada pada sub-menu Authors & Users untuk melihat user-user yang telah terdaftar. Apabila Kmu ingin menambah user baru, klik Add New pada menu users. Anda hanya mengisi informasi-informasi dasar yang dibutuhkan, misalnya Username, First Name, dsb. Informasi yang harus diisi adalah pada kolom Username dibutuhkan sebagai ID user untuk login ke blog. Kolom E-mail ini dibutuhkan jika user ini melupakan passwordnya akan dikirimkan ke email user tersebut. Kolom Password sebagai kunci untuk login dan memilih salah satu Role (Hak Akses). JIka sudah mengisikan informasi-informasi yang dibutuhkan, klik Add User. Maka secara otomatis user ini akan muncul pada daftar user.

Untuk memberikan Role atau hak akses pada user, bisa diberikan sewaktumembuat user baru, dengan memilihnya pada kolom Role. Atau Kmu bisa merubahnya setelah user tersebut terdaftar. Untuk merubahnya, beri tanda centang pada user yang diinginkan dan klik menu drop-down Change Role to… maka Kmu bisa memilih hak akses yang cocok untuk sebuah user. Dan kemudian klik Change. Hak akse yang tersedia ada lima pilihan. Berikut ke lima pilihan tersebut :

1. Administrator

Seorang user memiliki hal akses sebagai administrator bisa melakukan apapun dalam sebuah blognya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak memberikan hak akses administrator kepada sembarang orang dan jika perlu hak sebagai administrator hanya dipegang oleh satu orang user saja, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Administrator bisa melakukan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh hak akses lainnya, yaitu sebagai berikut:

* Mengganti template atau theme
* Mengedit template atau theme
* Mengaktifkan semua plug-in
* Mengedit user
* Mengedit file2

2. Editor

Seorang editor bisa memanajemen artikel-artikel yang masuk ke dalam blog, meyeleksi dan menampilkannya pada blog. Seorang editor tidak bisa menambah atau mengedit user. Seorang editor bisa memanajemen artikel yang dikirim oleh user lain dan mengubah isinya. Editor juga bisa menambahkan kategori dan mengatur komentar yang diberikan pengunjung atau menandai komentar sebagai spam jika ada.

3. Author

Author adalah hak akses yang lebih rendah dari seorang editor.Seorang author hanya bisa memanajemen artikel yang dibuat oleh dirinya sendiri. Author tidak bisa merubah atau menghapus milik author yang lain. Author juga bahkan tidak bisa memodifikasi komentar yang dikirimkan oleh pengunjung pada artikel yang bukan miliknya tapi author dapat mengedit komentar yang dikirimkan pada artikel miliknya sendiri.

4. Contributor

Seorang contributor hanya bisa menulis dan mengirimkan artikel, namun artikel ini tidak akan ditampilkan sampai mendapat persetujuan dari editor, author atau dministrator. Dashboard contributor akan sama dengan seorang author namun ada beberapa perbedaan dalam menu write dan manage.

5. Subscriber

Subscriber adalah hak akses yan g paling terbatas dan bisa dikatakan tidak bisa apa-apa. Ynag hanya bisa dilakukan oleh seorang subscriber adalah menulis komentar pada sebuah artikel dan mengirimkannya, itupun harus menunnga untuk di moderasi oleh moderator. Yang terlihat di dashboard subscriber hanyalah menu profile dan tools.

Selanjutnya, Kmu bisa memberikan informasi-informasi tambahan pada profile user seperti First Name, Last Name, Alamat Website, dsb. Jika Kmu adalah seorang editor, author, contributor atau subscriber maka Kmu bisa melakukannya dengan klik menu Profile pada dashboard dan hanya bisa merubah profile Kmu sendiri tapi tidak untuk user lainnya. Namun jika Kmu sebagai Administrator, Kmu bisa merubah profile milik Kmu sendiri dan juga milik user lain. Untuk melakukan hal ini klik pada menu Users. Jika Kmu ingin merubah pfrofile Kmu sendiri maka klik sub-menu Your Profile. Namun jika ingin merubah profile user lain, klik pada Username yang diinginkan.

About efriawan

Qu dengan hidup ku, dan mereka dengan hidup merka sendiri . . . .

Posted on 5 Oktober 2011, in Multi-User. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: